Jurus Cerdas ber Qurban dengan Emas

<ditulis oleh : hmanginsela>

Setiap tahun di musim Haji, bagi orang orang yang belum berkesempatan menunaikan ibadah haji , ber Qurban adalah salah satu ibadah yang insya Allah nilai ibadah dan sosialnya sangat tinggi.

Dari segi biaya, momen Qurban berarti harus menyediakan dana  khusus untuk membeli hewan qurban yang harganya terus naik setiap tahunnya, Hari raya Haji tahun lalu <2009> harga seekor kambing dengan berat 30-40 Kg saja sudah berkisar Rp 1.500.000 ini akan terasa berat bagi para pekerja atau buruh  yang upah minimum saja hanya berkisar 1,1 sampai 1,2 jt perbulan. Tidak ada cara lain untuk bisa ikut berkorban pada saat itu kecuali harus banting tulang kerja lembur dan menabung.

Saya pribadi  menabung setiap bulan di koperasi kantor khusus untuk biaya korban setiap tahun, sebesar Rp 100.000 perbulan.

Masih teringat beberapa tahun lalu..sekitar awal tahun 2000, saat itu cukup hanya manabung Rp 50.000/bulan saya bisa beli kambing seharga 600rb

Di sekitar tahun 2006 karena harga kambing naik tiap tahun dan tabungan Qurban saya selalu defisit…saya menaikkan tabungan menjadi 100rb/bulan.

Sekitar tahun 2008 an tabungan itu kembali tidak cukup, Hari raya Haji kemarin, total uang di tabungan koperasi yang saya terima Rp 1.200.000 , harus ditambah sekitar 300rb lagi  untuk bisa ikut berkorban…., lalu berapa harga kambing tahun 2020..? berapa saya harus menabung setiap bulannya agar bisa ikut ber Qurban..? coba hitung sendiri deh…

Solusinya , harus meng konversi tabungan Qurban saya  dalam bentuk tabungan emas.

Teringat kata kata ulama besar AlGhozali, bahwa emas adalah hakim yang adil untuk perniagaan..dan itu terbukti sampai sekarang , harga seekor kambing lebih 14 abad yang lalu di Arab sana  = 1 dinar emas < 1 dinar = emas 22 karat, 4,25 gr>, sampai sekarang ya harganya segitu, 1 dinar. Arti sebenarnya, bukan harga kambing yang naik tapi nilai mata uang kertas yang makin menurun, karena inflasi..

<berseloroh saya pernah bilang ke teman teman, kalau mau tau real besaran inflasi maka cek harga kambing…>

Hari ini harga 1 dinar kalau di kurs ke rupiah sebesar Rp 1.547,930. artinya bukan tidak mungkin harga kambing 30KG bisa mendekati 1.6 – 1.65jt hari raya haji depan, atau mendekati 10%..inilah angka real inflasi rata rata di Negara kita.

Harga 1 ekor kambing kalau di kurs rupiah naik.., tapi kalu di bayar dinar ya tetap aja sekitar 1 dinar.

Kalau saja program tabungan emas <TABEMAS-red> di koperasi bisa jalan, saya bisa menabung emas dengan sistem akad di depan <murobahah>.

Bayar angsur emas seharga 1 dinar atau emas batangan seberat 4,2 gram < atau  besaran emas antam 5 gram>  selama satu tahun.

 < catatan harga emas antam saat ini 368 ribu.>.

Insya Allah berapapun “naik” nya harga kambing.., tapi nilainya di convert emas tetap.

Ayo..minat menabung emas untuk Korban…?

About Harimau Belang

stay @ batam island Indonesia i like ride mountain bike, photograph,fishing
This entry was posted in motivasi, Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s