emas vs asuransi

by : hmanginsela
aku adalah orang yang paling tidak tertarik sama sekali dengan
asuransi..apapun bentuknya…
<padahal kakak iparku adalah pegawai dari suatu PT Asuransi…>
selalu saja membujukku untuk ikut asuransi…demi masa depan anak..,
untuk proteksi harta..,
untuk kematian…dst….
terima kasih…aku kok ya belum tertarik…begitu selalu jawabanku….

padahal alasan utamaku selain karena  tidak sesuai dengan syariat
<menurut sedikit ilmu yg kutahu.., asuransi haram hukumnya>, dan pernahkan anda bertanya untuk apa digunakan uang yg anda invest, oleh pihak asuransi <ASR>? kalo sempat bertanya dan kalo pihak asuransi mau jujur…salah satu jawabannya mesti diputarkan ke saham..<ini juga haram, menurut ilmuku yang sedikit…>
belum lagi setelah aku coba berhitung dengan ilmu hitungan “geblek”ku tentang  invest ASR versus invest Emas.
lalu kenapa hitungan ini kunamakan ilmu hitung “geblek” ya..karena aku bukan seorang ahli ekonomi atau ahli keuangan…, tp ya hasil hitung2 ini kok ya jadi “Geblek” gitu…

tadi dikantor sempat bertanya kepada beberapa sahabat ttg apa mereka ikut asuransi…wah..ternyata 3 dari 4 teman ikut asuransi…sepintas sempat kasih ilustrasi logikaku tentang invest ASR versus invest emas
<jika uang yg sama disimpan di asuransi atau dibelikan emas>

berikut salah satu case study, hasil tanya ke seorang teman yang ikut asuransi untuk kuliah anaknya setelah 18 tahun kemudian.
sahabatku itu harus bayar asuransi setiap bulan Rp 1jt, selama 6
tahun, <total 6th = 72 jt>
dan 18th uang itu “ngolor ngidul”oleh pihak ASR lalu diberikan ke
temanku sebagai uang untuk bayar kuliah anak sebesar hampir
200jt….sepintas besar sekali…wah..cuma 72jt jadi 200jt….
menarik bukan…tapi disinilah “ilmu GEBLEK” nya…orang yg awam pasti
langsung tertarik di memandang nilai2 tersebut….

padahal jika saja uang yang Rp 72jt itu diinvestkan emas, setelah 18 tahun bernilai hampir 600 jt
<saya cuma memakai asumsi kenaikan emas hanya 15%/tahun, padahal menurut data 10th belakang harga emas naik 300%, atau rata rata 30% pertahun> lihat histori tabel harga emas di
sini   http://www.kitco.com/  disinilah letak ilmu hitung GEBLEK
itu…bayangkan….he..he….
<saya gak mau meneruskan kalimat ini, karena ntar malah jadi
polemik….mohon maaf ya..>

finnaly…terserah pada bro semua untuk memilih…saya hanya bermaksud untuk menjabarkan secara nalar/logika hitung2an saya yang masih “GEBLEK”

bagi saya tetap ASR = Haram..apapun bentuknya….itu prisip, harga mati…entah nanti , barangkali saya menemukan/diberitahu referensi hadist atau AlQuran yang mengatakannya Halal  + menurut ilmu hitung Geblek saya menguntungkan…
hmmm…sulit ya sepertinya….

kesimpulan : ASR < Inflasi < invest emas…

okay..selamat mikir2 ya…

trust in GOLD

About Harimau Belang

stay @ batam island Indonesia i like ride mountain bike, photograph,fishing
This entry was posted in tentang investasi. Bookmark the permalink.

2 Responses to emas vs asuransi

  1. cipung says:

    Setuju mas bro

  2. Mario says:

    Emang lbh baik nabung emas drpd ansuransi so kurag liquid gt…

Leave a Reply

