hutang oh hutang…

Namanya hidup kadang memang sulit mau terlepas dari hutang…ada saja
kebutuhan mendesak ketika kita gak punya simpanan dana cadangan
<liability>
hutang ke bank..banyak proses dan perlu waktu…hutang keteman ya kalo
teman ada uang simpanan dan percaya ke kita…hutang ke saudara..ini
yg rada repot..seringnya sesama saudara giliran pelunasan hutang jadi
macet…mau minta gak enak..tp hutangan memang cara cepat untuk
memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak..
beberapa bulan lalu…kakak iparku..karena kebutuhan mendesak biaya sekolah anak.., meminjam uang kepadaku..gak besar sih cuma 2.500.000,
tp karena aku memang gak pernah simpan uang lebih di tabungan, kecuali untuk biaya hidup bulanan..maka jujur aku bilang aku gak punya.

tp aku ada emas batangan nih, kalo mau pinjam…saranku ke kakak ipar. beliau sedikit kaget…kamu punya emas…sejak kapan mulai simpan emas…trus gimana dapat uangnya…di jual…? maka aku jelaskan ke beliau tentang invest emas…he…he..terus..kalo perlu 2,5jt…ini bawa emas 10 gram…digadaikan aja…mungkin bisa dapat pinjaman sekitar 2.9 jt an lah…

singkat cerita, emas yg kupinjamkan di bawa ke Penggadaian, yang
kebetulan ada di pasar mega legenda belakang rumah.
berikut rincian gadai emas di Penggadaian.

Nilai Antam      Rp3.410.000  <nilai hari itu>
Nilai taksir                     Rp3.234.000          < 95%  >

biaya admin      Rp29.500                        <1%>

biaya sewa       Rp32.000       15hari   (3200 x 10 gram)        Rp64.000        perbulan
                                                          <2%>
max pinjaman     Rp2.950.000    91%

Besar pinjaman   Rp2.500.000    <uang yg di pinjam kakak iparku>
total pembayaran         Rp2.593.500  <waktu pinjam 1 bulan>

terlepas dari sistem gadai emas di atas, point dari cerita ini :

1. Emas sebagai Aset liability, jadi penting ketika kita perlu dana
untuk kebutuhan mendesak.
2. Gunakan gadai emas jangan di jual ,processnya sangat gampang…10
menit dapat uang deh.
3. Pembelajaran untuk saudara/teman untuk mulai menabung dengan emas.
4. hubungan dgn saudara karena urusan hutang piutang jadi
aman…karena beliau jadi punya
    tnggung jawab melunasi gadai nya tepat waktu.

ok itu dulu ceritaku seputar hutang-piutang…barangkali jd inspirasi
buat bro semua…

About Harimau Belang

stay @ batam island Indonesia i like ride mountain bike, photograph,fishing
This entry was posted in motivasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s